Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 08 Juli 2013

Cara Menggunakan Kertas Saring

Oleh : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit : 8 Juli 2013


Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk melipat kertas saring. Di sini hanya akan dijelaskan dua teknik saja dalam melipat kertas saring. Perhatikan gambar salah satu teknik melipat kertas saring di bawah ini:

  1. Lipat kertas saring membentuk kerucut
  2. Robek sedikit sudut lipatan sekitar sekitar setengah diameter, lipat bagian luar dan bagian dalam kerucut, kemudian kaitkan.
  3. Basahi dinding corong dengan akuades, agar dapat melekatkan kertas saring.
  4. Tempatkan kertas saring pada corong
Cara di atas sangat efektif untuk berbagai macam ukuran corong, karena diameter kertas saring bisa kita ukur sedemikian rupa. Kelemahan dari cara ini adalah adanya lapisan ganda dari kertas saring yang dapat menghambat proses penyaringan.
Teknik kedua yang dapat digunakan untuk melipat kertas saring adalah dengan melipat kertas saring enyerupai kipas lipat. Cara ini sangat efektif karena menghasilkan bidang serap kertas saring semakin luas, celah yang terbentuk antara lekukan kertas saring dan dinding kertas saring juga memungkinkan udara untuk mengalir dan dapat mempercepat proses penyaringan. Kelemahan dari teknik kedua ini adalah ukuran diameter corong yang digunakan harus besar. Perhatikan gambar di bawah ini untuk melipat kertas saring dengan teknik lain:

Catatan: Selengkapnya mengenai teknik dasar dalam praktikum klik link berikut: Teknik Dasar dalam Praktikum

Reaksi:

0 komentar :

Poskan Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat