Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 17 November 2012

Tes Kepribadian

Oleh                  : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit    : 17 Nopember 2012


Sebelumnya pernah dijelaskan mengenai macam-macam tipologi kepribadian manusia (silakan klik untuk selengkapnya) yang menjelaskan pembagian kepribadian manusia berdasarkan teori Hipocrates-Galenus. Meskipun teori tersebut muncul pada tahun 400 SM, tapi masih digunakan sampai sekarang karena masih dianggap relevan, cukup akurat dan sangat simple untuk dipahami.

Kami berikan salah satu tes psikologi kepribadian sederhana untuk menentukan apakah anda seorang melankolis, koleris, plagmatis atau sanguinis. Satu hal yang harus diingat jika tidak ada seseorang yang benar-benar 100% berada pada satu karakter kepribadian. Bisa saja seseorang memiliki 40% karakter sanguinis, 38% karakter koleris, 20% karakter meankolis dan 2% karakter plagmetis.

Apa fungsinya tes kepribadian? Tes kepribadian sangat berperan penting untuk menentukan posisi yang ideal bagi seseorang dalam suatu struktur kerja atau menentukan penempatan sikap kita terhadap lingkungan sosial yang beragam.

Contoh (berdasarkan kecenderungan):
  1. Orang yang memiliki karakter cenderung ke sanguinis-koleris misalnya biasanya akan memiliki kecendrungan menjadi orang yang suka menyontek. Alasannya simple, sanguinis mendorong seseorang untuk selalu talk only but no action dan koleris mendorong seseorang agar selalu berprestasi. Kombinasi keduanya menjadikan orang bertipe ini ingin sukses dengan jalan yang mudah, salah satunya dengan menyontek.
  2. Orang yang memiliki karakter plagmetis-melankolis sangat cocok dijadikan orang kepercayaan. Hal ini karena orang plagmatis cendrung jujur, bertanggung jawab dan penurut walau mereka lambat dan tidak punya inisiatif. Sedang karakter melankolis membuat orang tipe ini menjadi lebih kreatif. Hasilnya, kreatif, penurut tapi lambat. Bukankah itu pegawai yang baik?
Catatan: untuk contoh lainnya bisa ditanyakan pada komentar.
 
Langsung saja ikuti tes kepribadian di bawah ini:

Petunjuk : berikan poin mulai dari poin 4 (untuk gambaran yang paling mendekati) sampai ke poin 1 (untuk gambaran yang paling tidak mendekati) untuk menjelaskan karakter dan perilaku kamu. Lalu jumlahkan semua poin dari pernyataan a-b pada setia nomornya 

Contoh:
1.  A = 4, B = 2, C = 3, D = 1
2.  A = 4, B = 2, C = 3, D = 1
3. A = 4, B = 2, C = 3, D = 1
Hasil: A = 12, B = 6, C = 9 dan D = 3 
 
 1

A.____ Saya memiliki kemauan yang sangat kuat dan keras kepala. Saya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang Saya inginkan. 
B.____ Saya tidak pernah santai/rileks. Saya selalu ingin bekerja walaupun waktunya sudah selesai 
C.____ Saya lebih sering menunjukkan perilaku yang menyenangkan. Saya lebih banyak tertawa dan tersenyum daripada berwajah muram 
D.____ Saya jika pertama kali bertemu dengan orang yang asing, biasanya Saya akan merasa agak sungkan. Saya lambat menerima orang baru. Mula-mula saya akan menarik diri dan kemudian akan menyesuaikan diri dengan perlahan-lahan

2 
A.____ Saya bertindak dengan cepat dan mandiri dan suka mengerjakan sesuatu sendiri 
B.____ Saya menunjukkan perubahan emosi yang jelas. Saya bertindak berdasarkan perasaannya dan memiliki bakat untuk mengerjakan sesuatu dengan dramatis 
C.____ Saya sering tampak tenang dan ramah. Saya umumnya memiliki reaksi yang tenang dan lembut terhadap suatu keadaan 
D. ____ Saya menyukai privasi dan kadang kala menyendiri dan jarang bergaul

3 
A.____ Saya umumnya tidak memberikan tanggapan yang berlebihan atas kasih sayang yang ditujukan kepada Saya 
B.____ Saya umumnya optimis dan antusias dalam dalam hampir setiap situasi 
C.____ Saya kurang aktif dalam mencoba hal-hal baru dan biasanya lebih suka melakukan hal yang telah saya ketahui dan saya kenal 
D.____ Saya mengajukan banyak pertanyaan dan lebih suka memikirkan sesuatu secara mendalam sebelum mengambil keputusan

4 
A.____ Saya seringkali sangat aktif. Saya suka menjelajah mencoba hal baru, dan suka mengambil risiko 
B.____ Saya mudah bergaul dengan orang dan suka berada di keramaian 
C.____ Saya mudah bekerjasama dengan orang lain dan biasanya mudah cocok dengan orang lain  
D.____ Saya seringkali mengambil suatu pendekatan yang berhati-hati terhadap suatu hal atau keadaan yang baru

5 
A.____ Saya terkadang sulit dipimpin dan sangat memilih terhadap siapa saya akan mengikuti 
B.____ Saya kerap berpindah dari suatu kegiatan ke kegiatan lain, sering tanpa menyelesaikan kegiatan itu. 
C.____ Saya terkadang segera menyerah bila mendapat tekanan dan mungkin meniru perilaku, aturan dan sifat orang lain secara berlebihan 
D.____ Level kegiatan fisik (tingkat aktivitas) Saya biasanya terlihat rendah atau rata-rata

6 
A.____ Saya mudah marah dan memaksa untuk bisa mendapatkan yang Saya inginkan 
B.____ Saya tampil kurang rapi, berantakan, dan/atau pelupa bila diminta mengerjakan sesuatu 
C.____ Saya mengalami kesulitan untuk bisa menerima perubahan yang bersifat mendadak. Saya bisa bersikeras untuk mempertahankan keadaan agar tidak berubah. Saya menginginkan segalanya tenang dan damai 
D.____ Emosi Saya umumnya terlihat lembut sehingga reaksi awalnya (yang tampak/eksternal) terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan adalah dengan berdiam diri dan terkendali. Reaksi internalnya jauh lebih kuat.

7 
A.____ Saya sangat menyukai persaingan 
B.____ Saya sangat peduli dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain 
C.____ Saya tidak suka berkelahi dan menghindari pertentangan 
D.____ Saya sering terlihat serius dan/atau sedih

8 
A.____ Saya mengatakan apa yang saya pikirkan dan memberi tahu apa yang Saya inginkan. Saya bisa sangat kasar dalam mengatakan pada orang lain tentang siapa atau apa yang tidak Saya suka 
B.____ Saya sangat gemar bercerita. Saya sangat suka menceritakan kepada orang lain mengenai prestasi Saya dan kawan-kawan Saya. Saya bisa agak manipulatif dengan kemampuan Saya meyakinkan orang lain untuk melakukan apa yang Saya inginkan. 
C. ____ Saya biasanya lebih banyak mendengarkan daripada berbicara 
D.____ Saya mengajukan banyak pertanyaan (sering yang rumit) mengenai hal-hal yang khusus dan meminta penjelasan atau jawaban yang detail atas pertanyaan Saya.

Kunci jawaban:
dominan A = Koleris
dominan B = Sanguinis
dominan C = Plagmatis
dominan D = Melankolis

Setelah anda tahu apa kepribadian anda dan untuk mempermudah anda untuk berkomunikasi dengan kpribadian lain maka anda bisa membuka tips kepribadian berikut (silakan klik untuk selengkapnya)

Tes kepribadian belum lengkap tanpa tes IQ, silakan coba juga tes IQ di sini.


Gambar Diagram Tipologi Kepribadian

Reaksi:

3 komentar :

  1. Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada tes iq online,
    download tutorial photoshop, dan download blogger templates seo responsive.

    BalasHapus
  2. Nyari info sambil blogwalking gan.... Artikel agan bagus-bagus.

    Info tambahan nie:
    Psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya! Psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya! Simak caranya di Soal Psikotes dan Jawabannya dan tips Wawancara Kerja. Dapatkan Info kerja Aceh untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

    Ada berbagai cara untuk tes iq baik Soal Tes IQ online maupun menggunakan software.

    Bagi anda yang belum memiliki momongan sebaiknya ikuti petunjuk dr. Rosdiana Ramli SpOG dalam bukunya Cara Cepat Hamil dan Tips Cepat Hamil. Semua persoalan kehamilan yang dihadapi pasangan baru menikah dibahas tuntas. Ini berdasarkan pengalaman beliau sebagai dokter kandungan.

    Begitu juga dengan bunda yang sedang menjalani Masa Kehamilan dan Tanda-tanda Kehamilan, tips dari dr. Riyani Limoa, SpOG cocok kiranya dijadikan sebagai panduan dalam memantau tumbuh kembang calon sibuah hati anda.

    Selain cara cepat hamil dan panduan ibu menyusui kami juga sudah menerbitkan buku Cara Merawat Bayi Baru Lahir satu tahun pertama, sangat cocok bagi bunda yang masih kesulitan atau masih bingung dalam mendidik dan merawat di masa perkembangan keemasannya tersebut.

    Kunjungi kami di Masa Hamil dan Menyusui. Terimakasih gan.

    BalasHapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat