Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 25 September 2012

Tes IQ

Oleh                  : Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit   : 25 September 2012

Banyak orang yang ingin mengetahui seberapa jauh tingkat intelejensinya berdasarkan sebuah 'nilai atau angka pasti', dan untuk mewujudkannya hanya dengan satu cara: Tes IQ. Tapi kesulitan kadang menghinggapi karena untuk melakukan tes IQ kita harus mengeluarkan uang yang tidak cukup sedikit. Di bawah ini disediakan aplikasi yang dapat mengecek tingkat IQ anda secara cuma-cuma. Sebuah tes IQ sederhana yang akan memberikan gambaran tentang seberapa jauh kemampuan anda dalam berpikir.

Mengenai Tes IQ
Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi. Definisi asli dari IQ adalah mengukur kecerdasan dari anak-anak ketika: IQ adalah sebuah rasio dari umur secara mental dibagi umur secara fisik dan dikalikan dengan angka 100. Umur secara mental dihitung berdasarkan dasar dari rata-rata hasil di dalam sebuah tes yang dibagi dalam setiap kategori umur.

Jenis-jenis dari tes IQ
  1. Verbal - Jenis ini menentukan tingkat kemampuan untuk menemukan konsep umum dari contoh yang disajikan: "anjing, kucing, singa = hewan", menentukan konsep yang tidak berkaitan dengan kelompok: "burung, kelinci, monyet, mobil", menemukan keteraturan dalam angka-angka: "11,12,14,17,21", memecahkan deretan angka, dan lain-lain.
  2. Non-verbal - Ini adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan dalam membentuk kubus, mengorganisasikan gambar-gambar dari waktu tertentu dan urutan logika, membangun bentuk-bentuk dari bagian-bagian tertentu, dan lain-lain. Beberapa tes ini sering kali ditujukan untuk menjelajahi pikiran abstrak anda, atau yang kompleks maupun yang mendetail. Tes IQ secara non-verbal merupakan tes IQ yang sering dilaksanakan karena berbagai kelebihannya.
Ingatlah bahwa ketika anda menentukan untuk mengambil sebuah tes IQ, baik secara fisik maupun mental anda haruslah terasa santai, dan lakukanlah secara serius.

Skala dalam Tes IQ
Berbagai jenis tes IQ dengan masing-masing memiliki skala sendiri. Oleh karena itu dua orang yang memiliki IQ 120 pada skala yang berbeda mungkin tidak selalu memiliki tingkat kecerdasan yang sama. Namun semua tes menggunakan skala  100 sebagai IQ seseorang yang mempunyai kecerdasan rata-rata.

Penggolongan menururt C.Thomson et al. Dalam bukunya “Educational Pysichologi
  1. Di atas 140 (jenius)
  2. 120-140 (cerdas)
  3. 110-120 (pintar)
  4. 90-110 (normal atau rata-rata)
  5. 80-90 (bodoh)
  6. 70-80 (keterbelakangan mental)
  7. 50-70 (moron)
  8. 25-50 (imbisil) 
  9. 0-25 (idiot)
Klik link berikut untuk mendownload software tes IQ mirror 1  atau link berikut tes IQ mirror 2
Atau klik link berikut untuk melaukan tes IQ secara online: tes IQ online

Gambar Ilustrasi

Reaksi:

2 komentar :

  1. alhamdulillah :D
    termasuk ke .. (rahasia) :P

    mau nanya nihh, apa bisa IQ kita meningkat atau menurun? makasiih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... saya yakin termasuk ke normal...
      :P
      Iya bisa, IQ kita bisa naik atau menurun. Sama seperti tes TOEFL. Ada beberapa lembaga yang memberikan sertifikat tes IQ dengan masa berlaku tertentu.

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat