Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 04 Juli 2012

Cara Membuat Bakteri Acetobacter Xylinum (Bakteri Nata)

Tanggal terbit: 4 Juli 2012

Setelah sebelumnya dipostingkan mengenai bagaimana cara pembuatan nata de lerri, sekarang akan disampaikan bagaimana cara pembuatan bakteri Acetobacter Xylinum. Sebenarnya harus diakui jika judul cara membuat bakteri Acetobacter Xylinum itu kuranglah tepat, karena kita sebenarnya hanya membuat suatu kondisi lingkungan (inokulasi) yang memungkinkan agar bakteri Acetobecter Xylinum dapat berkembang biak dengan baik.

Secara kegunaan, utamanya Acetobacter Xylinum digunakan untuk segala bentuk bioteknologi yang menghasilkan nata (ada nata de coco (dari air kelapa), nata de soya (dari limbah tahu atau susu kedelai), nata de tomato, nata de pina, nata de cassava (dari singkong), nata de melo, dll.). Praktisnya kita dapat membeli "bibit" Acetobacter Xylinum di LIPI atau balai penelitian lainnya, bahkan harganya sangat terjangkau. Tetapi bagi kita yang malas ke LIPI atau jauh dari balai penelitian sejenisnya kita bisa membuat sendiri Acetobacter Xylinum dengan mudah.

Bahan:
  1. Nanas matang 1 buah
  2. Gula pasir secukupnya
  3. Air
Alat:
  1. Pisau
  2. Blender
  3. Saringan
  4. Botol plastik/kaca atau botol bekas lainnya
  5. Wadah
Prosedur Pembuatan
  1. Kupas Nanas matang sebanyak satu buah, lalu cuci hingga bersih
  2. Potong kecil-kecil nanas tersebut, masukan ke dalam blender (atau alat penghancur lainnya seperti parutan)
  3. Setelah dihancurkan, peras air Nanas dan saring.
  4. Pakai ampas nanas hasil saringan, lalu tambahkan gula pasir dan air dengan perbandingan ampas nanas:gula pasir:air = 6:3:1
  5. Aduk campuran tersebut sapai rata, kemudian masukan ke dalam botol yang tertutup rapat.
  6. Diamkan selama 2-3 minggu sampai terbentuk lapisan putih di atas campuran tersebut. Simpan di dalam temperatur kamar, jangan membuka tutup botolnya (lihat penjelasan).
  7. Bagian yang digunakan untuk membuat nata adalah air dari campuran tersebut yang mengandung bakteri Acetobacter Xylinum
  8. Apa yang anda hasilkan biasa disebut sebagai starter atau bibit Acetobacter Xylinum.
Penjelasan
Kenapa harus Nanas? Karena pada nanas secara alami memang telah hidup/ada bakteri Acetobacter Xylinum. Penambahan gula dimaksudkan sebagai makanan untuk difermentasi oleh bakteri Acetobacter Xylinum. Dengan kata lain, asalnya bakteri berjumlah sedikit, ketika diberi makanan akan semakin bertambah banyak. Selain itu bakteri ini bersifat anaerob, jadi jangan terlalu sering membiarkan udara masuk ke dalam botol tempat inokulasi.


Gambar Contoh Proses Terbentuknya Acetobacter Xylinum






Reaksi:

70 komentar :

  1. jadi yang dipakai buat nata de coco itu lapisan putihnya atau air campuranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air campurannya gan yang dipakai untuk membuat nata.
      ^_^

      Hapus
    2. thanks gan, sangat informatif blog-nya

      Hapus
  2. bisa konsultasi ttg pembuatan starternya dari awal gan?
    bersedia lewat email juga boleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh.
      Lewat no HP juga bisa ke 083820543244 biar lbh cepat
      atau ke alamat email rofa_neutron1990@yahoo.co.id

      Hapus
    2. No HP baru saya 081903748591

      Hapus
  3. maaf saya mw nnya, kan botol saya saya tutup dengan plastik lalu diikat karet, tapi karetnya lepas lalu kebuka botolnya sedikit. apakah masih bisa bakterinya tumbuh?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tutup botol terbukanya tidak terlalu lama, starter masih bisa digunakan dan bakteri masih bisa tumbuh.
      ^_^

      Hapus
  4. gan saya mau tanya kalau pemindahan bakteri ke botol lain biar bisa di kembang biakan gi mana cara...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat saja medium tumbuhnya gan. Terus masukan starter ke medium tumbuh tadi.
      Bakterinya kan cm perlu gula dan karbondioksida.

      Hapus
  5. ane gagal terus bikinnya bos. Yang pertama kontam kapang. yang ke-2 gak mau tumbuh apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontam kapang itu apa y?
      coba periksa bahan yg digunakan gan. Berusaha terus...
      ^_^

      Hapus
  6. sedikit nanya :
    yang di pake buat bibitnya apanya apa ampasnya atau air sisa perasan ?? <<<<= Mohon jawabanya ?!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang digunakan ampasnya gan.
      ^_^

      Hapus
    2. 1 bh ampas nanas utk brapa botol & brapa liter bibit

      Hapus
    3. Tergantung ukuran nanasnya Pak. nanti hasil dari penambahan ampas, air dan gula baru dapat ditentukan volumenya. Jumlah botol juga tergantung dari ukuran botol yang bapak gunakan.

      Hapus
  7. resep pembuatan nata de coco yang penuh inspiratif

    BalasHapus
  8. hello, i had try to make seed but seed top of the layer not came to white it came to brown can use this seed also?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hem ... I actually mean that white is not really white, but slightly yellowish-brown.
      Yes, you produce seeds that can be used to make Nata

      Hapus
  9. cara membeli bibit acetobacter xylium (bakteri) di Balikpapan adakah om...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pembelian bibit acetobacter di balikpapan kurang tahu. Tapi sepertinya bisa membeli secara online. Beberapa mahasiswa dan LIPI menjual bibit tersebut secara online

      Hapus
  10. Dear Sir, I want to make nata Starter. Can you please help me to making procedure of Nata Starter?
    My Email ID: nileshbotre1@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nata-making procedure is not already on this page?

      Hapus
  11. ilmu yang sangat bermanfaat. perlu dicoba nih...

    BalasHapus
  12. klo perbandingan ampas nanas:gula:air =6 : 3 : 1 airnya sangat sedikit sekali , padahal di gambar airnya sangat banyak, bolehkah jika airny adiperbanyak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila diperlukan kadar air bisa diperbanyak.
      Tetapi harus diingat juga jika yang terpenting itu bukan banyaknya medium, tetapi banyaknya jumlah bakteri yang tumbuh.

      Hapus
  13. tnya bg. arti dari 6;3;1. mksud nya,6 glas ampas,3 glas air,1 glas gula.begitu kan bg,,,?
    trus air nya itu untuk berapa botol sirup bg,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbandingan 6:3:1 merupakan perbandingan satuan. Bapak bisa menggunakan perbandingan gelas seperti pertanyaan bapak atau perbandingan volume.

      Botol sirup isi saja sebanyak 3/4 campuran larutan tersebut

      Hapus
  14. klo bleh minta tlong bg,,, mohon bntuan nya pembuatan nat decoco dari awal s/d akhir,

    BalasHapus
    Balasan
    1. JIka mengalami kesulitan bisa bertanya lewat sms ke 081903748591

      Hapus
    2. bg, gni,udah dicoba untuk beberapa sample,tpi hsil nya msih sja ggl,mohon bantuannya bg,,,,

      Hapus
    3. Kebanyakan kesalahan yang sering dilakukan adalah: menyimpan sampel di tempat yang terkena sinar matahari, sampel tidak disimpan dalam botol yang kedap udara dan biasanya ada yang menutup dengan kertas koran saja.

      Hapus
  15. bagaimana cara pengaplikasianya? untuk pematangn pupuk kandang brapa dosisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mencoba untuk pematangan pupuk kandang dengan bakteri acetobacter sehingga saya belum bisa memberikan saran lbih jauh lagi

      Hapus
  16. mas rofa yulia pernah mencoba..... ? sekedar coba coba atau dengan referensi tertentu ? info anda ngawur dan sesat. yang benar setelah diblender, ampas kita jadikan selai, airnya kita jadikan nata starter. bahan sampean tidak efektif secara ekonomi. ( silahkan cek di lab manapun, asalkan bagian mikrobiologi ) kurniadi_engineering@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya ndak perlu memaki, bagi kami pencari referensi tidak berpijak pada 1 referensi, kami cukup paham ini dunia maya. gimana berbagi referensi dong. biar makin komplit referensi pembaca neh

      Hapus
    2. Terimakasih atas tanggapannya
      ^_^

      Hapus
  17. assalamu'alaikum. mw tnya kalo starter dibuat selain dr nanas bisa tdk? cz sya lihat serngkali starter yang digunakan berwarna putih sperti dari air kelapa kalo atau santan gitu,,,,,,,,,. dan tidak kuning sperti yang sya buat. dan belum jelas soal perbandingan 6:3:1 itu. nanti airnya sedikit sekali...pdhal digmbar tdak sdikit dngan teori air yang perbndingannyahanya 1. trimakasih , mohon dblas.. wassalamu'alaikum.wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Saya belum pernah mencoba untuk membuat starter dari bahan lain selain nanas.
      untuk air memang hanya perlu sedikit saja, karena pada proses selanjutnya kandungan cairan akan bertambah karena aktivitas bakteri acetobacter.

      Hapus
  18. Saya ƍäª yakin yang nulis d blog ini pernah uji coba pake formula ini dan berhasil.

    BalasHapus
  19. Saya pernah meneliti pembuatan nata de pina dari limbah pengalengan nenas dan berhasil. Yang menarik,.. Acetobacter Xylinum nya baru bias bertahan sampai 4 turunan. Setelah itu mati. Saya penasaran bagaimana cara bertahan industry nata tapi ga pakai Lab yang higienis. Saya studi ke Cianjur. Saya lihat mereka para pengusaha nata exist, ga pernah kehabisan biang. Saya Tanya gimana caranya ? mereka jawab itu rahasia... kalo bayar ya dikasih tahu... sayang waktu itu mahasiswa ga punya uang lah... nah menurut Mas Rofa, apa ya rahasia mereka agar a.xylinumny hidup terus...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya hanya sebatas pembina KIR untuk sebuah MAN di Bandung. Tidak pernah melakukan penelitian lanjutan mengenai usaha komersialisasi dari bakteri Acetobacter. Mohon maaf.

      Hapus
  20. tanya dong, air perasan nanasnya biasanya di apain lagi yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air nanas mengandul sedikit alkohol, jika difermentasi saudara agus halim pasti sudah tau fungsinya.

      Hapus
    2. gan mata buah nanasnya harus dibuang atau tidak?

      Hapus
    3. Mau di buang atau tidak sebenarnya tidak masalah. Tapi lebih baik tidak dibuang supaya tidak menghabisakan waktu.

      Hapus
  21. Gan.. Yg dipakai yg lapisan atas atau bawah? Berapa no hp yg aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan lihat di http://www.rofayuliaazhar.com/p/tentang-kami.html untuk no kontak yang bisa dihubungi

      Hapus
  22. Terimakasih informasinya Gan.

    BalasHapus
  23. Mas itu ampasnya perlu di masak dulu apa tidak?

    BalasHapus
  24. Terus bagai mana cara mensterilkan botol atau wadahnya serta koran buat penutup botolnya yang benar. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan gunakan botol kaca. Cuci dengan air biasa dan deterjen saja sudah cukup. Untuk penutup supaya kedap jangan gunakan kertas koran karena memiliki pori-pori. Sebaiknya gunakan plastik atau alumunium foil.

      Hapus
  25. gan saya sudah mencoba membuatnya dengan campuran 6;3;1 tapi setelah seminggu lebih kenapa ampasnya tidak ada airnyan serta permukaan berwarna putih kering. media gelas kaca dan di tutup pakai alumunium foil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa bapak jelaskan apa yang dimaksud dengan perbandingan 6:3:1 yang telah bapak lakukan. Karena banyak kesalahan yang dilakukan dalam mempraktikan perbandingan ini.

      Disimpan di ruang gelap juga kan Pak?

      Hapus
  26. masudnya 6 bagian untuk ampas, 3 bagian untuk air dan 1 bagian untuk gula. penyimpanan di ruang gelap. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya perbandingan yang digunakan perbandingan volum atau berat pak?

      Hapus
  27. pak berarti setelah dicampur ampas,gula dan air g perlu direbus ya? krna yg pnh sy prktekan utk pembuatan nata, bkn staternya, larutan direbus dulu... dr stater ini bisa dikembangbiakan lg tdk pak? dg cara yg sama atau bgmna? dan utk prosedur pembuatan nata sendiri sebenarnya diperlukan penambahan urea tidak? krna byk yang khawatir dg pnmbahan urea trsebut... mohon info dan penjelasannya... trmakasih byk... (dikka - 081802628348)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perebusan tidak perlu dilakukan karena dapat merusak bibit acetobacter yang terdapat dalam starter.
      Starter dapat dikembangkan lagi, dan pembuatan nata memnag diperlukan penambahan urea sebagai sumber nitrogen.

      Hapus
  28. Assalam,
    saya sangat tertarik dengan tulisan akang.
    saya ingin mencobanya, tapi saya punya pertanyaan:
    bila dalam inkubasi yang dibutuhkan bakteri adalah carbon (CO2), apakah bisa airnya diganti air soda, karena air soda memiliki kandungan karbon yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam.
      Secara jujur harus saya katakan bila saya belum pernah mencobanya. Yang dikhawatirkan adalah sifat asam dari larutan bersoda dapat mengganggu perkembangan bakteri acetobacter. Tapi jika dipikirkan lagi, nanas juga sudah bersifat asam. Mungkin tidak berpengaruh.

      Hapus

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat