Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 20 Juni 2012

Perbedaan Model Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Teknik Pembelajaran

Oleh                  : Rofa Yulia Azhar
Tanggal tertib     : 20 Juni 2012


      Banyak sekali mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan yang kesulitan untuk membedakan istilah model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembalajaran, metode pembelajaran atau teknik pembelajaran. Kadang pula kebingungan menghinggapi para guru dan mirisnya kadang banyak dosen yang memperdebatkan istilah ini. Memang harus diakui tidak ada perbedaan yang cukup tegas antara istilah-istilah tersebut. Tetapi harus dipahami juga definisi dari istilah-istilah tersebut agar tidak adanya kesalahan penafsiran
      Harus dipahami jika istilah model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran berada dalam satu hirarki. Secara hirarki (dari atas ke bawah) susunan istilah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pendekatan Pembelajaran
  2. Strategi pebelajaran
  3. Metode pebelajaran
  4. Teknik dan taktik pembelajaran
dan keempat hirarki tersebut menjadi satu kesatuan yang disebut sebagai model pembalajaran. untuk lebih jelasnya dapat dilihat lewat gambar di bawah ini:

Gambar 1. Bagan Hirarki Model Pembelajaran
Model Pembelajaran
      Berdasarkan bagan di atas dapat disimpulkan jika model pembelajaran merupakan rangkaian satu-kesatuan dari pendekatan pembelajaran-strategi pembelajaran-metode pembelajaran-teknik dan taktik pembelajaran. Atau dapat disimpulkan jika model pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang tergambar secara sistematik dari awal sampai akhir pembelajaran. Model pembelajaran seringkali disamakan dengan metode pembelajaran padahal dari segi definisi saja sudah berbeda. Metoda memiliki ciri khas yang lebih spesifik dibandingkan dengan model pembelajaran.

Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Ciri dari Pendekatan pembelajaran adalah "Interaksi" antara guru dan siswa. Secara garis besar pendekatan pembelajaran dibagi menjadi (Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008): (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

Strategi Pembelajaran
Kemp (dalam Wina Senjaya, 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Ciri dari strategi pembelajaran adalar rencana. Jadi strategi merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Metode Pembelajaran
Sedangkan metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran. Contoh dari metode pembelajaran:
  1. Ceramah
  2. Demonstrasi
  3. Diskusi
  4. Tanyajawab
  5. Praktikum
Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Ciri dari teknik pembelajaran adalah sifatnya yang kondisional dan spesifik. Misalkan metode yang kita gunakan adalah metode ceramah, maka untuk setiap kelas ceramah yang akan kita gunakan pastilah berbeda. Misalnya untuk kelas yang aktif, kita akan lebih banyak memberikan pertanyaan sedangkan untuk kelas yang pasif kita akan menjelaskan secara simple dan lebih baik memberikan mereka tugas tertulis daripada harus banyak bertanya.

Contoh membedakan model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran:
Model         : Jigsaw (jigsaw termasuk dalam katageri model cooperative learning)
Pendekatan : Student centered (pembelajaran berpusat pada siswa)
Strategi       : Group learning (belajar kelompok)
Metode      : Diskusi, presentasi dan tanya jawab
Teknik       : kondisional tergantung karakteristik siswa

untuk penjelasan model pembelajaran jigsaw dapat anda cari klik link berikut http://share-pangaweruh.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-jigsaw.html.

Daftar Pustaka
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group



Reaksi:

0 komentar :

Poskan Komentar

Ikutlah Berpartisipasi RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat