Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 22 Juni 2012

Pendidikan Terbaik di Dunia

Oleh: Rofa Yulia Azhar
Tanggal terbit: 21 Juni 2012
Sumber resmi: http://www.oecd.org/home/0,2987,en_2649_201185_1_1_1_1_1,00.html

Apakah kalian tahu negara dengan pendidikan terbaik di dunia? Bila saya tebak mungkin beberapa orang akan berpikiran untuk menjawab Amerika, Jepang, Jerman atau Indonesia (yang menebak jawabannya Indonesia sungguh jiwa patriotismenya tinggi). Berdasarkan hasil survey tahun 2003 dari OECD (Organization for Economic Coorporation and Development), Finlandia meraih nilai rata-rata tertinggi dari aspek sains, membaca dan berhitung. Pada tahun 2006 Finlandia kembali meraih peringkat pertama, mereka hanya kalah pada bidang matematika dan harus rela berada di peringkat kedua di bawah Korea Selatan.

Uniknya Pembelajaran di Finlandia:
  1. Finlandia merupakan negara yang menerbitkan buku anak-anak terbanyak di dunia. Wajar jika kelak siswanya menjadi cerdas, kalian tentu tahu akan teori golden age.
  2. Stasiun TV di Finlandia diwajibkan menyiarkan program berbahasa asing yang tentunya disertai terjemahan dalam bentuk tulisan dalam bahasa Finish. Jadi menonton TV = belajar bahasa.
  3. Guru bebas memilih kurikulum dari pemerintah, bebas memilih metode pembelajaran dan bebas menentukan bahan ajar. Alhamdulillah, seperti Indonesia.
  4. Yang berhak menjadi guru hanyalah lulusan S2. Bukan hanya itu, tapi harus memiliki predikat sepuluh besar. Selain itu, hanya 1 dari 7 pelamar yang kan diterima menjadi guru. Tesnya lebih ketat dari tes menjadi dokter (setelah baca poin ini langsung ambil tali untuk bunuh diri).
  5. Gaji guru biasa-biasa saja (jadi mungkin mereka fokus untuk mengajar, bukan untuk mengurusi sertifikasi). Gajinya sekitar 3.400 euro atau kurang lebih 4 juta rupiah.
  6. Pendidikan gratis dari TK sampai universitas.
  7. Murid baru diperkenankan masuk sekolah setelah usianya 7 tahun (pasti badannya gede-gede). Ini juga menegaskan bahwa awal masuk sekolah pada usia muda tidak menjamin kehidupan yang lebih baik
  8. Siswa tidak diperkenankan menggunakan sepatu saat di dalam kelas.
  9. Jam pelajaran untuk para siswa adalah 30 jam/minggu. Coba bandingkan saja dengan Korea Selatan yang berada di peringkat ke dua, jam belajar siswa mereka adalah 50 jam/minggu.
  10. Tidak ada SD atau SMP atau SMA, disana mereka hanya belajar 12 tahun dan akan mendapatkan ijazah setaraf SMA.
  11. Tidak ada pergantian guru. Setiap kelas hanya akan ditemani oleh 3 guru; 2 guru mata pelajaran dan 1 guru Bimbingan konseling dan pengawas. Ini menyebabkan guru sudah mengerti karakteristik siswanya.
  12. Haram hukumnya guru di Finlandia untuk mengkritik dan membandingkan siswa satu dengan siswa lainnya. Jika salah, siswa diminta untuk membandingkan dengan nilai dia sebelumnya, bukan dengan siswa lainnya.
  13. Tidak ada pe-ranking-an atau pemeringkatan siswa (jadi ingat acara Ranking ke satu)
  14. Tidak ada ujian akhir nasional, yang ada hanyalah ujian test masuk perguruan tinggi. Pemerintah Finlandia menaganggap banyaknya testing atau ujian hanya akan menghancurkan tujuan belajar siswa.
  15. Kesalahan dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan tidak perlu disesali. Guru tidak akan mempermasalahkan PR yang salah atau siswa yang mengikuti pembelajaran ramedial. Bahkan guru haram untuk mengucapkan "kamu salah".
  16. Siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus ditempatkan di kelas yang sama.
Komparasi dengan pendidikan di Negara lainnya:
  1. Hasil pemeringkatan ini telah membuat malu pemerintah Amerika. Dengan anggaran pendidikan yang sangat tinggi, Amerika hanya mendapat peringkat ke-17 secara personal dan peringkat ke-24 untuk rata-rata.
  2. Secara personal Cina mendapat peringkat ke-1, Finlandia ke-2 dan Korea Selatan ke-3. Tapi untuk rata-rata Finlandia tetap pertama. Bahkan meskipun Cina berada di peringkat pertama secara personal, hal itu masih diragukan oleh beberapa pihak. Karena dianggap belum tentu dapat mewakili pendidikan di Cina secara keseluruhan.
Komparasi dengan Indonesia (Perbandingan yang Baiknya):
  1. Bukti saktinya pendidikan di Finlandia mungkin bisa dilihat dari hasil teknologi mereka yaitu ponsel Nokia yang terkenal di dunia. Tapi Indonesia juga tetap tak kalah, masih ada mobil ESEMKA yang pasti bisa membawa nama baik hasil pendidikan Indonesia
  2. Indonesia walau tidak masuk sepuluh besar pendidikan terbaik, tetapi banyak mahasiswa kita yang sukses dalam ajang internasional
  3. Indonesia berdasarkan pengamatan dari Bank Dunia akan menjadi negara maju pada tahun 20 tahun kemudian, hal ini tentunya ditunjang faktor pendidikan.
Daftar Pustaka
       Anonim. 2011. Mengapa Mutu Pendidikan Finlandia Terbaik di Dunia. Tersedia (online): http://sbelen.wordpress.com/2011/08/08/mengapa-mutu-pendidikan-finlandia-terbaik-di-dunia/ [Diakses pada 20 Juni 2012]
      Anonim. 2012. Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia. Tersedia (online): http://www.sekolahorangtua.com/2010/01/12/negara-dengan-kualitas-pendidikan-terbaik-di-dunia/ [Diakses pada 20 Juni 2012]
      Anonim. ____. Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia. Tersedia (online): http://mediaonlinenews.com/dunia/firlandia-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia[Diakses pada 20 Juni 2012]
      Winarso, Awe. 2012. Kualitas Pendidikan Terbaik itu ada di Finlandia. Tersedia (online): http://jadiberita.com/2012/04/29/kualitas-pendidikan-terbaik-itu-ada-di-finlandia/ [diakses pada 20 Juni 2012]

Reaksi:

0 komentar :

Poskan Komentar

Ikutlah Berpartisipasi di www.RofaYuliaAzhar.com. Cukup dengan Memberikan Tanggapan atas Artikel Kami. Agar Kami dapat Meningkatkan Kualitas Artikel yang Kami Buat